Monday, April 23, 2018

ASAL USUL KUE SATU

ASAL USUL KUE SATU KUE KHAS ASAL SUNDA


Kreasi Nusantara - Asal mula diberi nama kue satu tercetus dikarenakan tiap-tiap bahan yang dipakai dalam pembuatan kue satu mempunyai perbandingan 1 (satu). Kue satu di buat dari tepung kacang hijau, gula pasir serta tepung sagu. 





Dalam 1 (satu) resep terbagi dalam 12 kg kacang hijaudan 12 kg gula pasir, sedang tepung sagu tersebut berperan utk melepas kue satu dari cetakan. Tetapi atas permohonan costumer perbandingan pada kacang hijau serta kue satu beralih dikarenakan di rasa sangat manis jadi perbandingan bahan kue satu jadi 12 kg kacang hijau digabung dengan 10 kg gula pasir dalam satu resep. 


CARA MEMBUAT KUE SATU



Dalam satu resep bisa dibuat 50 bungkus kue satu memiliki ukuran ½ kg siap jual. Beberapa bahan pembuatan kue satu telah disuplay dari pedagang. Kue satu bisa bertahan sepanjang 3 (tiga) bln. dihitung dari mulai pengemasan. 






Kue satu yang telah dikemas di kirim ketoko-toko di lokasi Kuningan, Rajagaluh, serta Cirebon tetapi ada pula toko yang dating segera beli ketempat produksi. Jika kue satu tidak terjual habis sesudah masa kadaluarsa jadi mau dikembalikan ke tempat produksi yang lalu mau dipakai utk pakan ikan.


Sepintas kue satu memiliki bentuk serupa dengan kue bangkit. Kue satu adalah kue tradisionil dari daerah Jawa Barat yang diwariskan dengan cara turun temurun dari warga yang masihlah kental dengan budaya Sundanya. 


KUE KHAS SAAT HARI RAYA




Kue satu umumnya jadi santapan spesial ketika Hari Raya Idul Fitri, acara khitanan serta acara tradisionil kemasyarakatan Sunda yang lain. Kue satu rasa-rasanya manis serta lembut dengan bahan basic kacang hijau seringkali jadikan menjadi oleh-oleh ciri khas dari Tanah Pasundan.



Dibutuhkan kesabaran ekstra utk buat kue satu dikarenakan dalam sistem pencetakannya, kue satu di buat satu per satu. Mungkin saja berikut sebagai asal muasal nama kue satu, dikarenakan kuenya diciptakan satu per satu.


Selain sering ada di beberapa acara rakyat, kue satu kacang hijau juga sering jadikan oleh-oleh dari Tanah Sunda. Berdasar pada resep aslinya, pembuatan kue ini masihlah memegang teguh cara membuat tradisionil. Misalnya saja, memakai paparan cahaya matahari dalam sistem pengeringan kue. 


KUE RAKYAT



Langkah membuatnya, pertama-tama, kacang hijau sangrai dihaluskan dengan jus atau diulek sampai halus. Lantas tepung kacang hijau ini digabung dengan gula halus, vanili, serta air masak hingga jadi adonan yang pulen. 


Adonan lantas diciptakan pada cetakan kue sembari ditekan supaya padat. Baru lalu dipanggang dalam oven yang telah dipanaskan dalam suhu 150 derajat Celsius sampai kering. Sesudah masak, cetakan diangkat serta kue satu dilewatkan mendingin utk lalu disimpan dalam stoples.

No comments:

Post a Comment