Sunday, April 22, 2018

SEJARAH BOLU MERANTI

SEJARAH BOLU MERANTI YANG TERKENAL DIMEDAN


Kreasi Nusantara - Siapa yang tidak kenal Bolu Meranti asal medan? Kue bolu gulung ini senantiasa jadi penganan favorite, tidak cuma untuk warga kota Medan saja. Kelezatan bolu gulung ini tersohor sampai ke pelosok Tanah Air, bahkan juga sebagian negeri tetangga. Walau sebenarnya, sang yang memiliki mengakui tidak sempat beriklan dimana lantas. 





Ai Ling, seseorang ibu rumah-tangga umum berikut yang sukses buat bolu gulung lezat dengan resep rahasia sebagai sosok dibalik monitor keberhasilan Bolu Meranti. Ibu empat anak ini mulai sejak muda benar-benar di kenal punyai hoby buat kue serta memasak. Tidak heran, kue bikinannya tidak cuma diminati oleh keluarganya, tapi juga beberapa tetangga yang kerap pesan kue padanya. 


Awal Mula Bolu Meranti



Usaha kue Ai Ling ini sehingga dinamakan Bolu Meranti, berkat pada th. 2000-an ia pada awalnya menitipkan bolu gulungnya ke toko punya kerabatnya yang ada di Jalan Meranti, Medan. Disini nyatanya peminat bolu gulungnya jadi tambah besar, hingga pada th. 2005 Ai Ling lantas dapat buka gerai sendiri di Jalan Kruing No 2K, Medan, yang sekalian jadi tempat produksi. Agar tidak kehilangan pelanggan yang umum beli bolu bikinannya di Jalan Meranti, saat beralih lokasi, nama Meranti lantas masih dipakai. 


Usaha Bolu Meranti ini selanjutnya jadi satu usaha keluarga, yang mulai sejak awal benar-benar dikelola oleh nyaris semua keluarganya. Keempat anak Ai Ling lantas seluruhnya ikut serta menggerakkan usaha ini, sejak dari masih tetap berbentuk industri rumah tangga sampai beralih jadi usaha taraf kecil. 





Tak ada pembagian pekerjaan, lantaran seluruhnya harus mengerti mulai dari masalah produksi, promosi, sampai keuangan. Sampai sekarang ini, Ai Ling lantas masih tetap selalu menemani serta mengawasi lajunya sistem produksi Bolu Meranti, untuk melindungi kwalitas. Ai Ling yakin, apabila kwalitas selalu terbangun, beberapa pelanggan setia Bolu Meranti tidak juga akan beralih ke beda hati.


Di dalam pesatnya perubahan tehnologi yang dapat jadikan media untuk berpromosi, Bolu Meranti tidak lakukan langkah sesuai sama itu. Bolu Meranti lebih menentukan berpromosi dengan konvensional. Promosi yang banyak ditunaikan cuma dari mulut ke mulut saja, tdk lewat sosial media. Kalau juga buat web site, cuma hanya menghadirkan product knowledge saja, bukanlah untuk terima pesanan.


Langkah pembelian dengan konvensional yang diambil Bolu Meranti lantas nyatanya masih tetap sangatlah tepat. Sampai sekarang ini, untuk memperoleh Bolu Meranti, konsumen mesti mendatangi toko pusat Bolu Meranti yang ada pada Jalan Kruing No. 2K atau cabangnya di Jalan SM Raja No. 19B, Medan. 


Tidak heran sehari-harinya toko pusat Bolu Meranti ini senantiasa terlihat dipadati oleh pelanggan setianya, bahkan juga pengunjung kota Medan yang akan membuatnya oleh-oelh untuk dibawa ke kota aslinya. Memang Bolu Meranti ada pula yang ada di bandara kota Medan, tapi systemnya cuma kerja sama serta harga nya benar-benar lebih mahal seandainya membelinya disana.


Soal Bolu Meranti yang saat ini suda jadi oleh-oleh ciri khas dari Medan, pada awalnya tidak sempat direncanakan Ai Ling. Semuanya jalan demikian saja. Ai Ling juga masih tetap selalu terima input dari beberapa pelanggannya yang seluruhnya rata-rata berikan tanggapan positif.


Satu diantaranya dengan buat paket yang cocok untuk dibawa menjadi oleh-oleh ke luar kota. Awalannya paket yang ia buat masih tetap simpel, cuma kotak umum saja. Lalu berkembang dengan memberikan nama Bolu Meranti serta ditambah kardus yang siap ditenteng, hingga mempermudah konsumen untuk dibawa melancong jauh.


Diluar itu, Bolu meranti juga punyai ketahanan cukup lama. Meskipun tanpa ada pengawet, tapi dapat tahan sampai tiga hari ke depan. Bolu Meranti lantas tawarkan beberapa pilihan, diantaranya Bika Ambon, Pancake Durian, serta beragam kue beda yang layak jadikan oleh-oleh dari Medan. 


Ailing Sang Pembuat Bolu Meranti



Di tokonya Ai Ling benar-benar tdk sediakan kue bolu saja. Karena ini diantara keinginan pelanggan yang tidak ingin ribet mencari sebagian style kue ke sebagian tempat. Jadi dengan belanja cuma di satu toko yang seluruhnya ada, semakin lebih praktis.


Tiap-tiap usaha tentunya punyai kesempatan serta tantangan. Namun ada competitor tidaklah permasalahan paling utama untuk Ai Ling. Karena tiap-tiap competitor miliki mutunya semasing. Teknik membuatnya juga berlainan, terlebih apabila ditambah resep rahasia, semestinya akhirnya juga akan berlainan juga.


Product semacam yang di buat competitor amatlah banyak di tawarkan ke warga, tetapi keberhasilan Bolu Meranti sampai saat ini nampaknya belum pula dapat tersaingi. Seakan mempertunjukkan kalau usaha punya Ai Ling ini tidak tergantikan. 

 


Terlebih inovasi juga senantiasa ditunaikan oleh Bolu Meranti. Ia selalu menaikkan varian rasa. Dari yang awalannya cuma empat rasa, original, keju, moka, serta strobery. Saat ini rasa yang di tawarkan telah banyak. Sampai customer akan tidak suntuk serta pastilah tertarik coba beragam rasa yang di tawarkan.


Harga yang di tawarkan Bolu Meranti lantas masih tetap terjangkau oleh semuanya susunan warga. Jika lihat berbahan baku yang bagus serta mutunya, masih tetap cukup rasional, yaitu dari mulai Rp 60 ribu. Kenaikan harga lantas tidak sempat kentara atau jadi yang diterima pelanggan. Mulai sejak 2005 hingga saat ini Bolu Meranti baru 2-3 kemungkinan menambah harga. Kenaikan harga itu lantas lantaran benar-benar bahan bakunya juga naik.


Pencinta Bolu Meranti lantas tidak cuma datang dari dalam negeri saja. Tiap-tiap turis yang bertandang ke Medan pastinya akan mendatangi toko Bolu Meranti serta rasakan lezatnya bolu buatan Ai Ling. Pelanggan paling jauh banyak yang datang dari Jepang, Korea, Cina, Singapura, serta Malaysia. 


Usaha Dari Abad Ke Abad 



Usaha Bolu Meranti yang telah diwariskan ke generasi ke-2 ini, menginginkan selalu dipertahankan serta diperkembangkan. Usaha keras serta semangat Ai Ling bersama keluarganya tidak bisa luntur, jadi usaha ini dapat selalu diwariskan ke anak serta cucu mereka. 






Soal peminat yang selalu jadi tambah serta keinginan yang jadi tambah bertambah, disikapi dengan bersahaja oleh Ai Ling. Ia cuma selalu saja tingkatkan produksinya, serta belumlah ada kemauan untuk buka cabang di kota besar beda, seperti di Jakarta atau dimana lantas.


Asa Ai Ling serta keluarganya cuma menginginkan menggerakkan usaha ini dengan sepenuh hati. Meskipun mengerjakannya sangatlah repot, tapi mereka tidak membuatnya menjadi beban. Ai Ling serta keluarganya hingga sekarang ini senantiasa mengelola usaha ini dengan sepenuh hati.

No comments:

Post a Comment