Monday, April 16, 2018

MAKANAN KHAS JAWABARAT MIE KOCOK

MAKANAN KHAS JAWABARAT BANDUNG 


Kreasi Nusantara - Mie kocok adalah salah satunya kuliner ciri khas punya nusantara yang pas disantap dalam beragam kondisi. Kuliner yang satu ini adalah kuliner lintas generasi dikarenakan dapat di nikmati oleh siapa saja, baik anak-anak sampai orang tua. Meski penjualnya banyak diketemukan di beberapa daerah, nyatanya mie kocok datang dari Bandung. Tidak mengherankan bila jajanan yang satu ini telah tidak asing sekali lagi di telinga orang Indonesia. 






Entah darimana toponimi mie kocok berasal, akan tetapi menurut buku wisata jajan Bandung, nama mie kocok datang dari cara membuatnya, yakni dengan mencelupkan serta mengocok mie serta tauge ke air panas sampai terlihat layu. Meski demikian, tidak semuanya warung makan yang sediakan mie kocok memakai cara pemrosesan lewat cara sekian.

Bahan Dasar Mie Kocok


Mie kocok memakai bahan baku berbentuk mie telor, mie tipe ini banyak didapati di pasar tradisionil ataupun di supermarket. Meski sekian, entrepreneur warung mie kocok semakin banyak membuatnya sendiri daripada beli yang telah jadi. Selain di rasa lebih murah, hal semacam ini juga pasti utk menjaga citarasa ciri khas yang dipunyai oleh entrepreneur yang buka warung mie kocok itu.


Selain mie telor jadi bahan intinya, kuliner ini memakai beberapa bahan yang lain, misalnya seperti sayuran sawi serta tauge, daging, bakso, daun bawang serta bawang goreng. Buat mie kocok nyatanya tidak serumit yang dipikirkan. 

Cara Membuat Mie Kocok


Awalnya, masak air sampai mendidih, lantas masukan mie telor bersama sayuran sawi serta tauge, seterusnya dilanjutkan dengan memasukkan potongan daging serta bakso. Sesudah mie serta sayuran telah terlihat layu, baru dimasukkan bumbu-bumbu. Selain bahan paling utama mie telor, bumbu ini dia yang memastikan citarasa dari mie kocok Bandung.



Satu jumlah mie kocok komplit dengan paduan daging serta bakso di bandrol dengan harga sekitar pada 10. 000-15. 000 rupiah. Harga yang pasti relatif murah untuk orang-orang umum utk dapat nikmati kuliner ciri khas nusantara yang satu ini. Terlebih penjual mie kocok banyak diketemukan di beberapa tempat dengan berbagai label serta brand.

No comments:

Post a Comment