Sunday, April 15, 2018

ASAL MUASAL SIOMAY

ASAL MUASAL SIOMAY DIINDONESIA


Kreasi Nusantara - Siomay awalannya hanya diantara satu menu yang ada pada makanan Dim Sum. Siomay juga di buat dengan cincangan pork yang dibaluti oleh kulit pangsit. Tetapi nyatanya siomay di Indonesia, beralih bentuk, lantaran berisi bukanlah sekali lagi pork, tapi ikan tenggiri, udang, atau pun ayam, jadi di jamin siomay Indonesia tentu halal. 



Bentuk Awal Siomay


Bentuknya juga jadi sedikit beralih yang awal mulanya silinder, waktu ini seperti bakso yang bulat. Siomay di Indonesia bukan sekedar di sediakan dengan siomay saja, tetapi ditambah dengan juga beragam sayuran yang sehat serta penuh faedah. 




Menu tambahannya itu dari mulai kentang, kol, pare, tahu, sampai telur ayam. Terkadang didalam menu siomay juga dimasukan otak-otak serta pangsit basah yang buat kaya rasa-rasanya. Improvisasi ini dia yang dikerjakan di Bandung, fungsinya supaya siomay lebih mengena dengan urang sunda yang lebih sukai makan sayuran.

Asal Siomay Dari China


Siomay Indonesia di sediakan tidak kering tanpa ada bumbu seperti yang berada di China. Ini sebagai khasnya Indonesia, lantaran siomay juga akan disiram dengan bumbu kacang yang gurih serta nikmat, dan tentunya yang sedikit pedas. 


Bumbu kacang juga waktu ini tidak selamanya penjadi patokan paling utama siomay, lantaran telah banyak penjual siomay ganti bumbu kacang dengan kuah kaldu ayam atau kuah asam manis. Hal semacam ini menaikkan banyak cita rasa siomay. 


Pencinta siomay juga waktu ini bukan sekedar di Bandung saja, tapi telah menebar keseluruh pelosok di Indonesia serta sebagai nilai jualnya itu tentu dituliskan “Siomay Bandung” seperti Pempek Palembang yang telah jadi keunikan dari makanan satu daerah. 


OpenRicers pantas bangga dengan siomay biarpun awalannya dari China, tapi di Indonesia siomay juga telah jadi area dari kuliner tradisionil yang pantas dilestarikan.

No comments:

Post a Comment