Friday, April 13, 2018

MAKANAN TRADISIONAL JAKARTA

MAKANAN TRADISIONAL JAKARTA YANG MELEGENDA


Siapa yang tdk tahu makanan Ketoprak. Spesial di Jakarta, makanan ini bisa dengan gampang didapati di kaki lima jalanan Jakarta.




Mirip seperti panganan pecal, ketoprak juga berkuah kacang. Bedanya, terdapat pada bahan yang di sajikan. Jika pecal sebagian besar sayuran, beda perihal dengan ketoprak yang cuma menghidangkan ketupat serta toge. Di sebagian pedagang, terkadang ditambahkan soun, tahu, bahkan juga telur. Supaya jadi lebih sedap, tdk lupa ditaburkan bawang goreng.

Makanan Tradisional Jakarta


Meski gampang didapati di Jakarta, kenyataannya asal mula makanan ini masih tetap dipertanyakan. Beberapa orang mempercayai ketoprak jadi di antara makanan ciri khas Betawi, suku sebagian besar warga Jakarta. Tetapi ada pula yang memanggil makanan ketoprak datang dari daerah Cirebon. Pendapat beda menyampaikan, ketoprak malah datang dari Jawa Tengah. Belumlah ada bukti tentu yang menyatakan kalau satu pada ke-3 daerah itu jadi asal lahirnya makanan ketoprak.




Selain aslinya yang masih tetap misterius, hal unik beda dari makanan ketoprak yaitu masalah namanya. Banyak pendapat masalah dari tempat mana nama ketoprak terlihat. Ada yang memanggil ketoprak adalah singkatan dari ketupat toge serta digeprak.

Nama Ketoprak 


Demikian sebaliknya, bisik-bisik beda memanggil penamaan ketoprak berawal waktu seseorang pria yang menginginkan makan. Lalu, dengan bahan makanan yang ada waktu itu seperti ketupat serta toge, dia cobalah meramu dengan memberi tambahan beberapa bahan. Dia ambil bawang putih, cabai rawit serta sebagian butir kacang, lantas digiling dengan ditambahkan sedikit air.

Ketupat serta toge itu lalu digabungkan kedalam gilingan kacang sebagai kuah. Sesudah dia hidangkan di piring, pria itu belum juga punyai inspirasi menamakan apa makanannya itu. Sembari selalu berfikir, piring yang dipegang terjatuh serta bunyi 'ketuprak' Bunyi piring yang jatuh lalu menginspirasinya berikan nama untuk kombinasi ketupat, toge serta kuah kacang itu jadi ketoprak. Lagi-lagi, belumlah ada yang meyakinkan benar tidaknya macam pendapat itu.

Hal Unik Ketoprak


Hal unik yang lain berkenaan ketoprak tidak cuma namanya. Melainkan tipe gerobak yang umum digunakan pedagang. Gerobak pedagang ketoprak punyai type yang sama berupa seperti perahu. Tak sebatas gerobaknya yang sama, pemakaian serta pengaturan semua perkakas diatas gerobak juga sama. Salah satu yang tentu berada di gerobak ketoprak yaitu panci stainless, lalu penggorengan dibagian ujung gerobak, kaleng biskuit sisa untuk kerupuk serta cobek kayu.

No comments:

Post a Comment