Friday, April 20, 2018

KUE KHAS KALIMANTAN TENGAH

KUE KHAS KALIMANTAN TENGAH SUKU DAYAK

 



Kreasi Nusantara - Suku Dayak adalah satu diantara suku besar di Indonesia. Karenanya wajar apabila makanan khasnya juga beragam macam. Perlu untuk diketahui juga kalau suku Dayak banyak yang memegang etika kedamangan yang berarti senantiasa ada acara etika yang dikerjakan dalam tiap-tiap peluang yang dikira sakral. 

Khas Kalimantan


Beberapa kue ciri khas Kalimantan tengah yang senantiasa tampak dalam upacara etika salah satunya ada kue dange yang terbuat dari parutan kelapa, tepung serta gula dipanggang di pemanggang spesial kue dange. Umumnya kue ini berada di waktu pesta ataupun umumnya di jual jadi makanan ringan. Diluar itu ada pula kue tampi yang tak ada rasa akan tetapi harus ada saat ada upacara etika. 

Kue Upacara Adat 




Ukurannya kecil-kecil serta bahan membuatnya merupakan tepung beras yang di goreng. Satu sekali lagi kue tradisionil yang Dayak yg tidak bisa ketinggal waktu upacara etika ialah kue lepet. Lepet sejujurnya bhs Dayak yang bermakna dilipat karena itu kue lepet di buat lewat cara bahan kue ini dilipat dengan daun pisang lantas di kukus.

No comments:

Post a Comment